BELANJA CERDAS PROMO HEMAT MEI 2019 DI BULAN RAMADHAN BERSAMA HERO GROUP

Siap menjadi Mami cerdas di bulan Ramadan.

Bulan suci Ramadan adalah bulan yang paling dinantikan bagi umat muslim di dunia. Tentu saja di Indonesia.

Pengalaman bulan Ramadan saat Mami Mungil kecil dulu sangat menyenangkan. Kaki ini dengan mudah melangkah ke Masjid dekat rumah baik subuh ataupun setelah Isya. Teman-teman sebaya yang kala itu merupakan teman sepermainan sangat rajin memanggilku keluar rumah untuk meramaikan masjid.

Saat duduk di sekolah dasar yang notabene sekolah protestan tidak membuat semangatku untuk berpuasa menjadi surut. Bahkan teman-teman di sekolah sangat bertoleransi akan perbedaan agama dan tentu saja ibadahku yang satu ini. Berpuasa. Teman-teman yang saat istirahat dengan bebasnya makan dan minum saat Ramadan berbisik-bisik dan saling mengingatkan, “Hei hei ada Datika, ada Datika jangan makan di depannya, stop minum, sembunyikan dulu.”

Aku dengan geli menahan tawa menjawab teman-teman kala itu, “Gapapa, gapapa, aku okeee, gapapa ko.”

Guru-guru pun sangat mendukung aku yang sedang berpuasa di bulan Ramadan. Teringat sekali saat kelas 6, kami menginap di Lembang untuk kegiatan sekolah. Guru-guruku tersayang yang lagi-lagi semua berbeda keyakinan, dengan sabar dan penuh kasih sayang, membangunkanku saat makan sahur tiba dan menemaniku makan sambil terkantuk-kantuk. Masih terekam jelas di ingatan betapa mata beliau-beliau pahlawan tanda jasa tercinta berbinar-binar saat menemaniku kala itu. Dalam hatiku berkata , “Tuhan Maha Baik dan Maha Penyayang terima kasih telah memberikanku guru-guru terbaik dan terima kasih banyak untuk pembelajaran toleransi yang begitu mengena sedari aku kecil.”

Ramadan sendiri buatku tentu selain mengajarkan menahan lapar dan haus, menahan keinginan ini itu, sekaligus waktu dimana aku mulai belajar dan diajarkan orang tuaku untuk memasak dan berbelanja. Yup berbelanja sudah menjadi bagian keseharian mulai aku masuk sekolah menengah pertama. Tentu saja dari hal yang ringan-ringan. Seperti membeli stok keperluan untuk masak. Membeli penganan untuk berbuka puasa. Plus belajar memasak serta mengolah makanan.

Hal yang pasti teringat dari aku kecil sampai sekarang adalah apalagi kalau bukan keluhan ibuku berbelanja saat Ramadan. Bukan hal aneh pastinya saat Ramadan harga-harga kebutuhan akan naik dibandingkan bulan lainnya. Apalagi bibiku yang sedari dulu berjualan kue kering pasti kesal kalau harga telur sedang naik. Harga produksi menjadi lebih mahal mau tak mau harga jual untuk konsumen pun ikut naik.

Dulu ya, aku sendiri rasanya sebel gitu kalau ibu atau bibiku berkeluh kesah tentang harga naik. Akan tetapi wow begitu masuk dunia berumah tangga terlebih saat sudah mempunyai anak tiga, jungkir balik rasanya mengatur keuangan sehari-hari terutama saat Ramadan.

Harga naik itu ya ga bisa dihindari. Sudah bukan lagi masanya untuk mengeluhkan tentang harga. Yang harus ditekankan adalah bagaimana mengatur keuangan agar kebutuhan tetap terpenuhi walaupun harga-harga sedang naik.

Anti boncos di bulan Ramadan bersama Hero Group.

Hero group tentu saja menyadari hal ini dan memberikan solusi bagi para ibu terutama dalam mengatasi. Untuk itu, 2 Mei 2019 menyambut bulan Ramadan, PT Hero Supermarket Tbk (Hero Group) menggelar talk show bertajuk “Anti Boncos di bulan Ramadan”.

Menghadirkan

Ligwina Hananto – Financial Management Consultant

• Karlina Elisabet Wirian – Perwakilan Management Giant

• Yik Hun – Perwakilan Management Hero Supermarket

• Ririn Basuki – PR Manager IKEA

• Erin Arifin – Head of Marketing Guardian

Wow ternyata pengaturan keuangan di bulan Ramadan tak melulu mengenai harga-harga naik saja loh. Ada banyak sekali hal-hal yang tak pernah terpikirkan sebelumnya bahkan tak kita sadari ternyata membuat keuangan kita menjadi tidak terkontrol dan porak poranda. Wah jangan sampai yaaaa. Mba Wina menjelaskan salah satu hal yang seringkali membuat kita tidak sadar akan boncosnya keuangan adalah ajakan berbuka puasa bersama. Nah gimana nih Moms semua? Sudah mulai manggut-manggut belum? Atau sudah mulai sadar lalu menjawab, “Aaaah iya jugaaaa yaaaa?”

Yang asalnya ibu rumah tangga seperti aku sehari-hari di rumah misalnya, tiba-tiba ada ajakan bukber reuni teman lama, atau ajakan dari teman-teman sepermainan dulu. Yang biasanya jarang bertemu ajak ketemuan lalu buka bersama. Apalagi jika jaraknya jauh dan mesti mengeluarkan ongkos yang tidak sedikit. Atau misalnya tempat bukber yang jauh dari fasilitas transportasi umum. Belum lagi untuk yang bekerja ajakan teman kantor atau acara buka puasa bersama yang harus merogok kocek sendiri. Bisa juga ajakan bukber dari sanak saudara yang sudah lama tidak bertemu atau dengan keluarga besar. Mau bayar masing-masing? Masa iya ga mentraktir? Mmmh ga enak sama yang mengundang atau yang diundang. Nah nah makin manggut-manggut kan ya?

Bagaimana ya solusinya. Ini dia hal-hal yang harus kita perhatikan untuk acara buka puasa bersama. Pilihlah acara yang betul-betul paling utama. Tidak asal semua ajakan diambil semua.

Hal berikutnya yang pasti ada dan istimewa di bulan Ramadan adalah keinginan atau bahkan kebiasaan rutin kita untuk memberikan bingkisan pada tetangga, teman, rekan kerja, atasan, atau bahkan saudara. Hal ini tidak melulu terbatas pada umat muslim saja loh. Banyak sekali umat agama lain pun berlomba-lomba berbagi karena tidak mau melewatkan momen berbagi hal baik di bulan Ramadan yang penuh berkah.

Otomatis aliran uang dan dana yang harus dikeluarkanpun akan lebih banyak dari bulan-bulan biasanya. Ternyata ada hal yang mesti dibedakan juga antara mengelola keuangan di bulan Ramadan dengan mengelola keuangan di saat hari Raya Idulfitrinya tiba. Wah wah iya juga ya dipikir-pikir ini sering terlewat dan tidak disadari. Gimana ya cara mencegah dana keluar agar tidak mengganggu keuangan yang baik?

Hal yang harus dibedakan adalah pengeluaran di bulan Ramadan sehari-hari tetap diambil dari penghasilan bulanan kita. Pengeluaran di hari raya diambil dari pendapatan dari THR. THR itu sendiri kita gunakan untuk mudik, untuk pengeluaran di hari raya, untuk THR orang-orang yang membantu kita (asisten rumah tangga, supir, tukang kebun), untuk zakat fitrah, membayar fidyah jika ada, dan kurban. Kelihatannya sepele dan ga kepikiran ya ko kurban udah diambil dari THR kan Iduladha masih lama. Padahal dana kurban ini bisa loh diambil dari dana THR. Jika masih terasa berat, dana berkurban saat Hari Raya Iduladha itu kita bisa sisihkan per bulannya dari gaji bulanan. Pengeluaran lain misalnya saweran persiapan isi amplop untuk keponakan, atau untuk saudara yang dijumpai saat lebaran, atau santunan ke anak yatim piatu.

Nah sudah mulai tercerahkan ya bedanya plus jadi semakin paham uang mana yang harus dipakai saat Ramadan dan berlebaran.

Lalu bagaimana untuk yang tidak punya THR atau yang tidak punya gaji ke-13? Ini harus disiapkan dari jauh-jauh hari. Sisihkan penghasilan bulanan untuk persiapan dana THR.

Moms zaman now The Urban Mama rumpinya harus cerdas terutama untuk berbelanja dan mengatur keuangan.

Kembali ke kebutuhan kita sebagai Mom Zaman Now dalam hal belanja berbelanja. Hero Group (Hero, Giant, Guardian, Ikea) sangat paham dan selalu menemani para Mom memenuhi kebutuhan harian untuk pangan dan sandang. Untuk di bulan Ramadan ini tentu saja akan banyak sekali promo-promo menarik yang ditawarkan. Ibu Adinda selaku perwakilan dari Giant dan Hero Supermarket menjelaskan apa saja sih promo-promo yang akan datang dan akan membantu para Mom pastinya untuk berbelanja.

Giant bahkan sudah memulai promonya seminggu sebelum Ramadan. Seperti elektronik TV 40′ ada promo khusus bisa dibeli seharga 32′. Wow banget ya. Promo elektronik ini akan lanjut dan berulang di bulan Ramadan dengan produk yang berbeda. Pas sekali misalnya jika butuh ac tambahan di rumah eh pas di Giant ada promo elektronik.

Akan ada paketan hemat untuk menu berbuka puasa di resto Giant. Ada pula diskon khusus buah semangka.

Di Hero Supermarket ada 30 Days Discovery rangkaian promo di bahan-bahan premium, impor, organik, untuk memenuhi lifestyle konsumen Hero. Ada pula tebus harga murah produk tertentu untuk minimal pembelanjaan. Sama halnya juga dengan di Giant. Di Hero Supermarket bagian bakery akan ada produk baru eggtart kurma yang wajib dicoba untuk penggemar dessert. Mmmh terbayang cita rasa di lidah nikmatnya egg tart kurma.

Kabar gembira ada penawaran menarik untuk pembayaran dengan Gopay di Hero.

Wow banyak promo menarik ini apakah akan menjadi suatu hal yang bermanfaat atau jangan-jangan menjerumuskan ya? Apa iya jadi semua harus dibeli saat barang promo?

Kembali Mba Wina menjelaskan hal mengatur keuangan. Ternyata ada skillnya loh. Skill dalam keuangan yang harus kita dapat sejak kecil. Skill pertama adalah menghasilkan uang. Skill yang kedua adalah berbelanja. Skill yang ketiga adalah berbagi. Skill yang terakhir adalah menabung. Akupun termenung dan mengingat kembali masa kecil. Wah ga salah ternyata ibu dan bapakku mengajarkan berbelanja sejak kecil. Ternyata skill berbelanja itu penting. Tak melulu menabung, skill berbelanja dan konsep berbelanja menjadi hal yang paling penting dalam mengatur keuangan.

Ternyata hal yang lebih penting sebelum perkenalan konsep menabung adalah perkenalan konsep berbelanja. Anak yang tumbuh menjadi orang dewasa yang sudah berpenghasilan
yang saat kecilnya tidak mengerti konsep belanja akan tidak bisa menabung. Nah terjawab juga pertanyaanku tentang kenapa ya ada orang yang sangat boros sampai tidak bisa menabung? Jika dirunut dari awal bisa jadi saat kecilnya tidak diajarkan konsep berbelanja yang baik.

Urusan berbelanja berujung pada pengambilan keputusan yang baik. Konsep membeli dengan harga yang paling murah tak melulu selamanya baik. Ada dua hal yang dituju apakah mau mencari kuantitas atau kualitas. Nah ini sangat berkaitan dengan pertanyaanku di atas apakah promo-promo malah menjerumuskan menjadi kalap berbelanja. Jika yang dicari adalah kuantitas misalnya mau membeli hantaran untuk tetangga 10 paket, maka yang kita tuju adalah kuantitas. Carilah barang yang sedang promo hemat. Ini adalah salah satu cara cerdas dalam berbelanja. Jika yang dicari adalah kualitas. Misal barang premium yang dibutuhkan perlu beli 1 dan hanya mampu beli 1 kita tidak perlu beli 3 barang biasa yang sedang promo atau yang tidak kita butuhkan. Jadi kita tidak terjebak pada promo-promo yang tidak kita perlukan.

Para pembicara yang berbagi tips cerdas berbelanja.

Menjelang hari Raya, hal yang biasa dilakukan oleh Moms adalah memperbaharui isian rumah. Tak melulu furniture besar dan berat saja, pernak-pernik manis pun biasanya turut dihadirkan untuk mempercantik rumah. Hero Group dengan Ikea yang mempunyai misi Meciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang. Aku jadi teringat tentang isi suatu talk show dalam menemukan tujuan hidup. Bahwa tujuan hidup itu harus bisa bermanfaat bagi orang banyak. Pas sekali dengan misi Ikea ya.

Ikea pun mengusung democratic design sebagai pilar untuk kepuasan konsumen. Produknya seperti apa, fungsinya seperti apa, kualitasnya seperti apa, dan yang penting dari sisi harga yang terjangkau serta keberlanjutan manfaat dari produk-produk yang dijual di Ikea. Jadi jangan heran kalau kita selaku konsumen hadir datang ke Ikea maka akan berasa betah dan nyaman. Baik itu untuk window shopping, makan di restorannya, apalagi tentu saja untuk membeli kebutuhan di rumah.

Nah semakin tahu wawasan mengenai belanja cerdas di Bulan Ramadan ya. Masih ingat jugakah promo-promo menarik dari Hero Group?

Mami Mungil merangkum promo dari Hero Group di bawah ini.

Hero Supermatket
Program Pasar Ramadan 30 days of discovery dari tanggal 29 April-6Juni 2019. Konsumen yang berbelanja dengan minimum Rp 300.000,00 berhak untuk melakukan pembelian produk tertentu dengan harga spesial.

Giant
Program Belanja Murah Bulan Berkah, Pasar Ramadan Berlimpah Berkah, dan Santap Segera Saat Berbuka.

Guardian
Program Fit dan cantik selama Ramadan di periode 25 April – 22 Mei 2019. Promo +1000 dimana pelanggan cukup menambahkan Rp 1000 dan mendapatkan produk kedua secara gratis untuk ratusan produk favorit.

Ikea
Periode 25 April – 26 Mei 2019 pelanggan yang berbelanja METOD Kitchen dengan minimum pembelian Rp 15 juta dan keliapatan Rp 5 juta akan mendapatkan gift voucher senilai Rp 1.500.000,00

Ramadan tahun ini Mami Mungil lebih siap secara finansial dan mempunyai bekal belanja cerdas dan hemat bersama Hero Group tentunya. Semoga tulisanku kali ini memberikan banyak manfaat untuk Moms semua.

Hero

16 tanggapan pada “BELANJA CERDAS PROMO HEMAT MEI 2019 DI BULAN RAMADHAN BERSAMA HERO GROUP

  1. Adanya promo-promo belanja ini bikin hemat pengeluaran ya mbak. Asalkan pengeluaran lainnya tetep diatur gak boncos! Hehehe. Btw, seneng banget ikut acara ini apalagi ada mbak Wina. Aku ngefans sama mbak Wina.

  2. Makasih ya mbak sharingnya aku ngerasa emang lebih boncos di saat bulan puasa malahan.

  3. Aku juga ngerasa kenapa lebih banyak pengeluaran di saat bulan ramadan ya. Makasih mbak sharingnya. Bermanfaat banget

  4. baru tau kalo ikea sama hero tuh ternyata satu perusahaan, kirain sama giant aja hihi

    1. Yup aku juga baru tau nih Kak. Hero Giant Guardian Ikea

  5. selalu setia menanti promo dan diskon di bulan ramadhan nih 😍

  6. ohhh aku baru tau kalau IKEA itu masih masuk dalam Hero group, ya.
    di Bandung supermarket Hero cuma ada satu,di Paskal 23. Jarang banget ke sana, jadi suka nggak tau ada promo apa aja 🙂

  7. semangat kak, skrg jadi makemak harus bisa ngatur keuangan dengan bijak. ramadhan anti boncos ya kak 😀

  8. oowh guardian tuh satu perusahaan yah sama ikea hahaha yampuun baru tau akutupadahal sering blanja di dua tempat itu

  9. Giant sama Hero sodaraan tapi harga jauh banget ya. Saya jarang ke hero karena harga Belum mau bersahabat dengan isi dompet saya, jadi saya pilih Giant. Hehe

  10. oowhh guardian tuh satu perusahaan sama ikea yampuun baru tau akutu padahal sering belanja di dua tempat itu hehehe

  11. Membaca ini jd mengulang memory saat ku sd dulu juga, semangat bund.sukses terus

  12. Udah lama ga iat HERO ahhahahah dipalembang udah ga ada HERO tapi giant satu perusahaan yah baru tahu jugaa

  13. Baru tahu mereka 1 perusahaan hehe. Duh mau lebaran pengeluaran membengkak beb

  14. Wah baru tau neeh IKEA sama Hero sodaraan hehe, untuk masalah diacount2 mamak2 pasti dicari

  15. Bermanfaat bgt infonya mami. Bner sih kalo ajakan bukber itu nguras kantong😂 hrus pandai2 aja ngmanage uang utk pengeluaran lain jadinya😍

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *